Teknik Penggongsengan Kopi


Saran Pemilihan Biji Kopi
  1. Pilihan biji kopi > Pemilihan biji kopi sebenarnya relatif,tiap orang beda selera,akan tetapi saya menyarankan jika yang ada kopi kelas biasa,pilihlah biji kopi yang ukurannya kecil-kecil.
  2. penggongsengan > saya sarankan pakai wajan terbuat dari tanah yang tebal.
  3. Pengapian > saya sarankan memakai tungku "Pawon" saya lebih suka memakai bahan bakar memakai kayu bakar atau arang,karena sangat mempengaruhi rasa dan aroma kopi.
Proses Penggongsengan
  1. Gongseng kopi di atas wajan,aduk terus & dibolak-balik kopi agar matangnya merata,jangan berhenti mengaduk sampai kopi menghitam atau matang siap diangkat,lalu dinginkan beberapa saat.
  2. Setelah dingin baru bisa di giling,atau tumbuk manual.khusus tumbuk manual proses akhir pengayakkan,fungsinya memisahkan antara kopi yang lembut dan yang masih kasar.
  3. Proses terakhir pengemasan,disarankan kopi di kemas di wadah yang kedap udara.

Proses Mengotok Kopi Kotok



  1. Gunakan alat rebus kopi " kotokan" atau " morong " lalu tuangkan air sebanyak ukuran cangkir kopi yang kecil ke morong,beserta gula ukuran 1 sendok makan,rebus sampai mendidih dan lalu matikan kompor.
  2. Langsung masukkan kopi ukuran 1 sendok makan,aduk sampai merata,kemudian rebus lagi sampai mendidih.. PERHATIAN > bahwa kunci dari kenikmatan kopi pada proses terakhir,yaitu kopi jangan sampai mendidih sekali,cukup keluar busanya,jangan sampai kopi mendidih naik keatas,karena kopi mirip dengan santan,jika kopi terlalau mendidih akan pecah,rasa gurih dan aromanya akan hilang. SELAMAT MENCOBA.
proses 1.
Proses 2.

0 comments:

Post a Comment